Jumat, 30 April 2010

JENIS JENIS PARAGRAF

Jenis – jenis paragraf

1. PARAGRAF NARASI
Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan kronologisnya.

Contoh :
Kekalahan Inter Milan oleh Barcelona tidak membuat inter milan tersingkir dari liga Champion. Dikarenakan jumlah gol yang dicetak oleh inter milan ke gawang Barcelona lebih banyak dibandingkan gol yang dimasukan Barcelona ke gawang inter milan. Di leg pertama, Inter memasukan 3 gol,dan hanya kemasukan 1 gol. Lalu di leg ke 2, Barcelona hanya memasukan 1 gol sehimgga jumlah gol Barcelona hanya 2, sedangkan Inter 3.


2. PARAGRAF DESKRIPSI
Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek dengan kata – kata yang merangsang indra realistis.

Contoh :
Hand Phone BlackBerry Curve 8310, merupakan salah satu hp terlaris tahun ini. karna memiliki fitur yang lengkap guna mempermudah sipengguna hp untuk mengakses data dari internet. Memiliki camera 2 MP, memory internal 1Gb untuk menyimpan beberapa data seperti sms, video, mp3 dll. Menggunakan Full qwerty keyboard dan track ball navigation seperti computer. Ada juga maps untuk melihat peta dan jalan kalau sedang dalam perjalanan.


3. PARAGRAF EKSPOSISI
Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang menguraikan suatu kejadian sejelas – jelasnya agar pembaca mudah mengerti.

Contoh :
Kecelakaan bus yang terjadi di jalur pantura itu disebabkan oleh kelalaian si pengemudi bus yang tidak mengecek keadaan bus sebelum berangkat. Kecelakaan ini terjadi pukul 03.15 WIB. Bus yang melaju kencang tiba – tiba oleng karena ban depan sebelah kiri bocor sehingga bus terpental kesebelah kiri lalu menabrak pembatas jalan. Kecelakaan tersebut tidak memakan korban jiwa, hanya saja beberapa penumpang mengalami luka ringan. Para korban sudah dibawa kerumah sakit untuk menjalani pengobatan. Supir bus pun sudah diamankan petugas.


4. PARAGRAF ARGUMENTASI
Paragraf Argumentsi adalah suatu paragraf yang isinya membuktikan kebenaran suatu pendapat atau kesimpulan dengan data dan fakta sebagai bukti.

Contoh :
Perdagangan Global mendorong terbentuknya jaringan distribusi dan pasti penjualan yang kian tersebar terjadi dalam jaringan yang kuat , hidup dan bersistem dalam bisnis di Indonesia tambahannya perekonomian serta tekhnologi informasi dan saluran distribusi.


5. PARAGRAF PERSUASI
Paragraf Persuasi adalah paragraf yang isinya berupa ajakan kepada pembaca agar melakukan sesuatu yang diajukan sepenulis.

Contoh :
Hadirilah!!!!!! senam pagi yang akan dilaksanakan di depan lobby ITC Cempaka Mas pada pukul 06.00 – selesai. Dengan intruktur senam profesional. Diharpkan menggunakan pakaian olah raga.

10 komentar:

  1. thanks za...... atas your acount!!!!

    BalasHapus
  2. terimakasih, saya terbantu dengan penjelasan mengenai jenis-jenis paragrafnya ini sebagai ref saya dalam penyusunan makalah..

    BalasHapus
  3. terimakasih udh bantu pr saya hahah

    BalasHapus
  4. thanks... saya terbantu dlam menyelesaikan tugas.

    BalasHapus
  5. kok belum jelas ya, yang buwat dekripsi sama argumentasi ... =_=

    BalasHapus
  6. makasih ea.,., tapi kok yg narasi dan argumentasinya msih blum jlas n blum bsa d fhami,.,.

    BalasHapus
  7. mksh atas penjlasanya
    saya sangat terbntu untk ini

    BalasHapus
  8. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja PT Pamapersada Nusantara

    BalasHapus